Thursday, November 25, 2010

Sejarah Yamaha RX - KING


Motor yang sejatinya memiliki nama asli RX K ini sanggup bertahan hingga saat ini.Bandingkan dengan motor Yamaha jenis sport 2 tak lainnya yang memiliki body lebih futuristis RX Z dan RZ R. Penamaan RX King sendiri malah berasal dari publik Indonesia sendiri. Karena dianggap layaknya raja, karena ketangguhannya.

Motor ini terdistribusi merata di Indonesia. Di ibukota sendiri bukan barang langka. Karena mudah ditemui di jalan raya. Begitu pula di daerah yang belum begitu baik jalurnya. Tanpa bermaksud mengesampingkan motor merek lain, namun memang kenyataannya demikian.Motor ini begitu tangguh melintasi jalanan berlumpur, berbatu, mendaki, dan jalur berat lainnya.

Lebih dari 20 tahun yang lalu, tim marketing research Yamaha kala itu, berkeliling di pulau Jawa, Sumatera, dan beberapa daerah lain yang ada di Indonesia. Mereka menyodorkan konsep baru motor dari Jepang yang akan hadir di Indonesia. Para bikers kala itu, didominasi komentar mereka menginginkan motor yang gagah.

Dari hasil riset ini disampaikan pada konseptor waktu itu, Nobuo Aoshima, Chikao Kimoto, Motoaki Hyodo.

Terdapat revisi pada bagian depan yang memberi image, hewan liar yang tengah mengejar mangsanya. Seketika itu juga, partisipan dalam resarch saat itu berseru, ”Ini baru gagah !!”

marketing research didapatkan fakta yang cukup menarik. Konsumen mengeluhkan soal motor 2 tak yang cenderung boros bahan bakar, rendahnya tenaga pada kecepatan rendah dan terlalu banyak mengeluarkan asap.



Kemudian, dirilislah RX King di tahun 1983.


Image gagah langsung tersirat begitu memandang RX King. Kesan ini didapat dari desain tangki yang tegas dengan grafis tajam. Desain unik tangki ini dipertahankan hingga generasi terakhir. RX King merupakan motor 2 tak yang mengkombinasikan efisiensi bahan bakar mencapai 15 % yang didapat berkat adanya teknologi Yamaha Energy Induction System sedangkan tenaga besar hingga 5000 rpm diperoleh lagi-lagi adanya inovasi dari Yamaha yaitu Yamaha Computerized Lubrication System (YCLS).Belakangan fitur ini ditiadakan.

Sayang di usianya yang seperempat abad ini, secara resmi PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia mengumumkan RX King akan discontinue alias tidak diproduksi lagi. Maka tinggal Kawasaki saja yang bermain motor 2 tak. Meskipun demikian, pihak YMKI menjamin spare part dan service motor legendaris ini. Tanpa dijamin sekalipun, komponen King bertebaran di bengkel umum. 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment