Thursday, November 25, 2010

Daftar nama-nama Mahluk halus Penunggu Merapi dan tugas"nya

Eyang Merapi: Pimpinan seluruh lelembut penghuni Gunung Merapi.

Eyang Panembahan Sapu Jagat: Juru kunci kawah Merapi, yang berkuasa untuk membuka kawah bila sudah tiba saatnya akan meletus.

Eyang Megantara: Kewenangan mengendalikan cuaca di sekitar Merapi, hujan atau panas tergantung Eyang Megantara.

Nyi Gadung Melati: Penjaga kesuburan tetumbuhan di sekitar Merapi.

Eyang Antabog: Menjaga keseimbangan gunung agar tidak melorot tenggelam ke dasar bumi.

Kyai Petruk: Pemuka jin ini bertugas memberi wangsit mengenai waktu meletusnya Merapi, termasuk juga memberi kiat-kiat tertentu kepada penduduk agar terhindar dari ancaman bahaya lahar panas Merapi.

Kyai Sapu Angin: Pemimpin roh halus ketujuh yang khusus mengatur arah angin adalah .

Kyai Wola-Wali: Pemuka jin kedelapan yang tugasnya menjaga sembari mengatur teras keraton Merapi.

Kartadimejo: Komandan pasukan makhluk halus sekaligus menjaga ternak serta satwa gunung, termasuk memberi kepastian kepada penduduk tentang kapan tepatnya Merapi meletus.


Mbah Maridjan sendiri konon mampu berkomunikasi dengan beberapa penunggu Gunung Merapi, maka tak heran dia selalu menunggu WANGSIT dari Kyai Petruk untuk tindakan selanjutnya bila Gunung Merapi mengeluarkan gelagat mau meletus.

Dalam bahasa Mbah Maridjan bahwa gejolak di Gunung Merapi diterjemahkan sebagai “eyang” yang melenggahinya sedang punya hajat membangun “keraton”. Mbah Maridjan yang pantang menggunakan istilah “Gunung Merapi meletus”, menjelaskan bahwa di saat eyang sedang punya hajat semua orang di lingkungan Merapi harus sabar, tabah dan tawakal.

No comments:

Post a Comment